Perkebangan Internet atau Teknologi Web
WEB 1.0 1990 – 2000
Pada Generasi Pertama dari website internet , kita
hanya bisa mencari (searching) dan melihat – lihat (browsing) data informasi
atau konten yang ada di web. World Wide Web pertama kali menemukan bentuknya
pada November 1990 hingga tahun 1993, Nah saat itu juga jaringan internet
berkembang lumayan pesat. Jaringan internet up to (Seperti promosi ISP saja)
341,000%.Pada Saat itu umumnya website hanya menyampaikan informasi ke satu
arah yaitu portal berita, took online , layanan email, dll yang di desain
menggunakan table dan flash. Contohnya
adalah DotCom Bubble Burst, atau DotCom Crash, atau DotCOm Doom.Tahun
1998 , Google berdiri dan internet menjadikan kita cukup mudah untuk mencari
dan menggali informasi. oko online (seperti amazon.com) di lirik besar-besaran
oleh investor. Di US, dana jutaan dollar diinvestasikan untuk masuk ke bidang
online yang sayangnya, tidak semua website dengan modal jutaan dollar tadi
dapat menghasilkan. Pada pertengahan 2000, gelembungan dana (bubble) yang masuk
ke internet pecah (burst) juga. Dana yang masuk tidak berputar kembali menjadi
keuntungan.
Periode Kedua (WEB
2.0) 2001 sampai 2010
Nah pada perkembangan
Web periode kedua itu cukup terbilang sudah lebih canggih dari periode pertama
, di era pengembangan web 2.0 dimana pengunjung mulai dapat berinteraksi yang
diatur oleh system yang ada pada web.WEB 2.0 mempunya istilah yang pertama kali
dicetuskan pada tahun 2003 oleh O’Reilly Media dan Populer pada tahun
2004.Disitu mulai banyak perusahaan online tumbang di masa DotCom Bubble seiring
munculnya pengguna blog, Friendster, Myspace, Youtube dan Fickr. Jadi disini
kehidupan sosial di dunia maya benar-benar terasa.Namun ada juga yang bertahan
dari era Web 1.0 contohnya : Google, Yahoo, Amazon dan eBay adalah beberapa
diantaranya.Pada tahun 2001 Wikipedia muncul dan perushaan Apple mendirikan
iTunes,pada tahun 2002 Friendster menyusul dan pada tanggal 4 Februari 2004,
Zuckerberg mahasiswa Unoversitas Harvard membuat sebuah situs baru bernama “The
Facebook” yang beralamat URL:..http://www.thefacebook.com.
.Jadi pada era WEB 2.0 lebih memudahkan user untuk berkoumunikasi antar user
lain. Pada era web 2.0, pengadaan konten di internet
tidak lagi dikuasai oleh geek. Website – website yang digolongkan ke dalam
kategori web 2.0 (kita akan menuliskan lebih rinci tentang web 2.0 di tulisan
selanjutnya) memfasilitasi pengguna internet biasa untuk menuliskan konten
mereka sendiri: Website sharing foto seperti flickr, blog service seperti
wordpress.com, blogger.com, video sharing seperti YouTube, dll. Komunikasi pun
terjadi secara dua arah, dimana pengunjung web juga bisa memberikan informasi.
Periode Ketiga (WEB
3.0) 2005 sampai Sekarang
Nah diperiode ini
kita baru benar – benar merasakan kecanggihan teknologi Web dari massa ke massa
dimana kebutuhan orang di dunia maya selalu berubah dan bertambah dimana
semakin cepat juga untuk mengakses Inetrnet Broadband , pada telekomunikasi
sudah terdengar isu dari 3G up to 4G. Web 3.0 memiliki ciri-ciri umum seperti
suggest, happen dan provide.Nah munculah teknologi 3D yang dapat membuat profil
avatar sesuai dengan karakter yang di inginkan dan aktivitas di dunia maya
layaknya di dunia nyata.kita bisa menerima/mengirim data dengan cepat dan
komunikasi sangat mudah dengan adanya aplikasi Chatting atau Video Call.
Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan
internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun
2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel
ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk
membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki
kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.
Web 3.0 terdiri dari
:
- Web semantik
- Format mikro
- Pencarian dalam bahasa pengguna
- Penyimpanan data dalam jumlah besar
- Pembelajaran lewat mesin
- Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web
Web 3.0 telah
memiliki beberapa standar operasional untuk bisa menjalankan fungsinya dalam
menampung metadata, misalnya Resource Description Framework (RDF) dan the Web
Ontology Language (OWL). Konsep Web Semantik metadata juga telah dijalankan
pada Yahoo’s Food Site, Spivack’s Radar Networks, dan sebuah development
platform, Jena, di Hewlett-Packard.
Web 3.0 tersebut dimana kita dimudahkan
untuk membeli tiket perjalanan atau travel dengan sangat mudah , hanya pesan
destinasi kota yang mau dituju kemudian transfer apalagi traveler dan backpacker
paling genjar mencari informasi promo tiket , maklum saya juga begitu karena
suka jalan – jalan melihat keindahan Indonesia . nah bagi yang suka kuliner
kita tinggal cari rekomendasi tempat makanan yang enak dengan cepat menggunakan
WEB 3.0. Jadi pada umumnya teknologi itu dari tahun ke tahun sangat berkembang
pesat maka dari itu kita harus memanfaatkan teknologi dengan sebaik baiknya
atau kita kembangkan teknologi tersebut .”NEVER STOP STUDY”.
Saya Upload di Tulisan dan Tugas.
Saya Upload di Tulisan dan Tugas.
0 komentar:
Posting Komentar