Jumat, 20 Juni 2014

Revolusi Ekonomi

Ekonomi Pasar VS Ekonomi Kerakyatan di Indonesia

Ekonomi Pasar adalah suatu kegiatan ekonomi yg didalamnya terdiri dari bermacam-macam kegiatan dalam hal berdagang / bertransaksi untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi yg menentukan nilai dr suatu produk atas permintaan dan penawaran didalam pasar tersebut. Dimana Pemerintah tidak dapat mencegah / menahan atas pergerakan nilai dr suatu produk yang di perdagangkan.

Oleh sebab itu, yang turut serta di dalam EkonomiPasar ini adalah orang2 yg memiliki jiwa analisa & kekuatan manajemen perorangan maupun perusahaan. Sebab jika tidak memiliki manajemen yg kuat , mereka akan menjadi target dr Ekonomi Pasar tersebut. Yang dimana biasa disebut di Ekonomi Pasar ini , " Siapa yg Kuat dia yg Menang "

Ekonomi Kerakyatan adalah suatu kegiatan ekonomi yg didalamnya terdapat organisasi maupun individu yg berdagang / bertransaksi , tetapi memiliki tujuan yg sama, yaitu untuk untuk kesejahteraan bersama. Biasanya type ekonomi ini disebut Koperasi, yg dimana anggotanya saling membutuhka. Memiliki hak & kewajiban yg sama anggotanya.
Di dalam Ekonomi Kerakyatan ini , tidak ada memahami / memiliki type menjatuhkan suatu organisasi / individu yg berdagang / bertransaksi. Karena jika hal itu terjadi maka akan terjadi pertimpangan dalam menjalankan perekonomian kerakyatan. Oleh sebab itu , moto dr Ekonomi Kerakyatan adalah " Saling Kepercayaan "

Jadi tipe Ekonomi yang manakah , yg baik untuk negara kita Indonesia untuk memperkuat & mensejahterahkan warga negaranya...? Inilah yg akan saya bahas , menurut pemahaman saya.

Bagi saya , ekonomi kerakyatan lah yg baik untuk negara kita. Karena sebelum terciptanya Uang , pendahulu kita melakukan transaksi/berdagang melalui Barter. Dimana hal Barter , adalah saling membutuhkan. Oleh sebab itu sama dengan pengertian dr tipe Ekonomi Kerakyatan.
Mengapa bukan Ekonomi Pasar. Menurut saya untuk tipe ini , untuk negara kita yang termasuk negara berkembang, belum kuat untuk bersaing di ekonomi pasar. Karena masyarakat kita, belum terjadi kesetaraan , yang dimana masih adanya ketimpangan sosial. Masih banyaknya hidup dibawah garis kemiskinan. Jika ini dilakukan , maka akan terjadi kehancuran dan terpecah belah kenegaraan Indonesia. Seperti sekarang ini, di negara kita , banyak bergejolak untuk menciptakan negara baru, seperti : Ambon , Irian , Aceh, dll. Ini terjadi karena ketidak adilan yg diciptakan karena Ekonomi Pasar. Yang dimana Individu / organisasi yg kuat makin kuat...sedangkan individu / organisasi yg lemah maka makin lemah.

Kesimpulannya :

2 Tipe ekonomi ini Baik, tetapi waktu & situasi pelaksanaannya yg tepat. Untuk Ekonomo Pasar dilaksanakan yang tepat jika taraf hidup rakyat suatu bangsa baik. Seperti negara : Japan, USA, Englan Dll. Untuk negara kita yg masih termasuk negara Berkembang , belum cocok, yang lebih cocok adalah Ekonomi Kerakyatan. Jadi dari hasil Ekonomi kerakyatan ini akan menghasilkan kesejahteraan yang sama, lalu jika kesejahteraan itu tercipta, maka kita bisa menuju ke Ekonomi Pasar. Yang dimana dr Ekonomi Pasar ini kita bisa meningkatkan ke kualitas taraf Hidup Global.

Sumber : http://revolusi-ekonomi.blogspot.com/2008/11/ekonomi-pasar-vs-ekonomi-kerakyatan-di_28.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
$(document).bind("contextmenu",function(e) { e.preventDefault(); }); Adventure Time - BMO